Rabu, 30 Desember 2015

Pelatih Generasi IV, Ka Okta

Asalammualikum WR.WB.
Salam Pramuka !!!
"Keberhasilan bukan hanya membahagiakan diri sendiri, keberhasilan sesungguhnya adalah membahagiakan orang yang menyayangi kita."-Ka Okta-

Pelatih generasi IV Pramuka SMPN 18 Bekasi merupakan sesosok yang luar biasa hebat ia bernama Oktavianus Orlando Riberu ia dilahirkan pada tanggal 4 Oktober 1990. Ka Okta/Bang Okta sering dipanggil ia oleh para anak didiknya dan rekan sesama pelatih. Agar kita mengenal lebih sosok beliau lebih lanjut lagi, berikut merupakan profile beliau.


Riwayat Pendidikan
Riwayat pendidikan beliau seperti kebanyakan orang, ia mengawalai jenjang pendidikan dari mulai SD hingga sampai Universitas. Beliau mengawali pendidikan di SD Bekasi Jaya. Setelah enam tahun menjalani jenjang pendidikan SD kemudian ia melanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu SMP. Beliau sekolah di SMPN 18 Bekasi selama tiga tahun tepatnya dari tahun 2004-2006. Lulus dari SMPN18 Bekasi ia melanjutkan kejenjang pendidikan selanjutnya, ia bersekolah di SMK Strada Budi Luhur pada tahun 2007-2009, setelah ia lulus dari SMK Strada ia melangkah kenjenjang yang lebih tinggi yaitu universitas ia kuliah di Universitas Kristen Indonesia.

Riwayat Kepramukaan
Setelah kita membahas tentang riwayat pendidikan beliau, kini kita waktunya membahas riwayat kepramukaan beliau. Dari setiap tingkatan yang ia lalui di Pramuka, pengalaman yang paling berkesan yaitu pada saat ia di tingkat Penggalang. Di tingkatan ini beliau mewakili SMPN 18 Bekasi di Lomba Tingkat 2 dan Lomba Tingkat 3 dan ia juga mewakili Bekasi dalam event Jambore Daerah. Beliau pun pada saat itu menjabat sebagai Pratama pada Pramuka SMPN 18 Bekasi

Sistim Melatih
Beliau melatih di Pramuka SMPN 18 mulai pada tahun 2012 dan sampai sekarang ia terus menorehkan berbagai prestasi bersama anak-anak didiknya di SMPN 18 Bekasi. Seperti yang kita tau cara melatih setiap pelatih itu berbeda-beda, Kak Okta pun juga. cara melatih beliau yaitu ia akan mengembalikan semua dari nol, karena ia berpandang "keberhasilan itu tidak bisa diwujudkan dengan instan namun keberhasilan itu diwujudkan dari rasa sedih, benci, senang, bahagia, tawa, dan air mata lalu semua itu dibungkus dalam semangat". Setelah itu dia akan membangkitkan semangat dan mental dari anak didiknya dengan berbagai cara dari makan bersama, main futsal dan kata-kata motivasinya. Lalu para anak didiknya akan menjalani latihan dengan suasana hati baru yang lebih relax namun tetap serius dan konsisten dalam menggapai keberhasilan. Beliau akan membuat jadwal latihan dengan waktu yang efektif bagi perkembangan anak didiknya dan juga waktu latihan yang beliau buat tidak mengganggu aktifitas akademik dari anak didiknya.

Seperti pelatih lain ka okta juga galak, walaupun tidak terlalu namun ada suatu hal yang akan membuatnya sangat marah. Beliau akan sangat marah ketika mengetahui anak didiknya membuang sampah sembarang atau tidak pada tempatnya. Hobi beliau yaitu naik gunung biasanya dia akan beberapa bulan sekali akan naik gunung bersama sahabatnya.

Sekian merupakan Profile dari pelatih generasi IV SMPN 18 Bekasi, Oktavianus Orlando Riberu.
Asalammualaikum .WR.WB.
Salam Pramuka!!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar